Bisnis Gagal? Ini Kesalahan Saat Jual Produk Online

Di zaman sekarang orang berlomba-lomba membuka toko online milik mereka sendiri. Tentu saja karena melihat besarnya peluang sukses dalam berjualan online. Walaupun begitu, Anda harus bersiap karena harus menghindari berbagai kesalahan waktu jual produk secara online.

Berikut ini bahasan lebih lengkapnya.

Kesalahan Besar Dalam Bisnis Online

Kesalahan dalam berbisnis bukan hal yang jadi masalah, asalkan mau diperbaiki. Berikut ini beberapa kesalahan yang harus Anda hindari dengan baik.

  1. Foto Produk tidak tepat

Kesalahan yang pertama ini sangat sering dilakukan oleh pebisnis online baru. Mereka tidak menggunakan foto atau gambar yang sama dengan produk jualannya sehingga banyak pembeli merasa tertipu. Alangkah baiknya membuat foto produk sendiri dan ditambah watermark.

  • Tidak ada Kontak person

Jual produk juga wajib dilengkapi kontak untuk menghubungi admin atau penjual. Kontak ini sendiri bisa berupa nomor telepon, media sosial sampai alamat email. Kalau perlu Anda juga harus punya admin sendiri untuk menjawab semua pertanyaan dari para calon pembeli.

  • Deskripsi tidak lengkap

Diskripsi yang terlalu sedikit akan membuat pembeli bertanya-tanya dan tidak tahu lebih banyak. Jadi deskripsi harus sedetail mungkin dan harus memakai bahasa Indonesia yang benar. Kalau jualan di server Indonesia, maka tentu lebih baik menggunakan bahasa Indonesia saja.

  • Respon terlalu lama

Inilah alasan kenapa asetiap pebisnis online harus punya admin sendiri. Hal ini disebabkan karena harus dapat merespon semua pembeli dengan cepat. Kalau respon yang diberikan kelamaan, bisa-bisa si calon pembeli malahan beraih ke penjual lain.

  • Petunjuk pembelian yang kurang

Kesalahan dalam jual produk online selanjutnya yaitu petunjuk pembelian tidak jelas. Kita harus memberi tahu kepada pembeli apa saja langkah yang harus dilakukan untuk pembelian produk. Apakah harus pre-order dulu, bayar dulu ataupun harus melakukan yang lainnya.

  • Transaksi hanya memakai satu rekening

Tentu berjualan online tidak boleh hanya punya satu rekening saja. Pembeli pasti memiliki jenis rekening yang berbeda-beda. Mereka pasti akan memilih jenis rekening yang sama supaya biaya lebih murah. Kalau kita hanya punya satu rekening, tentu tidak akan diminati banyak orang.

  • Kualitas produk kurang memadai

Produk atau dagangan yang harganya murah memang snagat laku dipasaran, walaupun begitu Anda tetap harus mempertimbangkan kualitasnya juga. Jangan sampai Anda sudah berani memberi potongan harga atau bonus yang sangat besar tapi pembeli komplen karena barangnya tidak berkualitas.

  • Lambat mengirimkan barang

Setelah pembeli melakukan check out, pasti mereka berharap barangnya langsung dikemas dan dikirim saat itu juga. Maka dari itu kita harus memberi informasi secepatnya mengenai kapan produk akan dikemas dan kapan waktu pengirimannya kepada di pembeli tersebut.

  • Website lambat

Tentu saja kalau pembeli sudah semangat membeli barang, akan tetapi websitenya lambat malahan jadi tidak bersemangat lagi. Malahan mereka akan beralih ke website lain. Jadi pastikan dengan betul bahwa website tempat Anda jual barang dagangan sudah teroptimasi dengan baik supaya cepat.

  1. Aktivitas yang kurang

Meskipun sudah ada website, bukan berarti harus dibiarkan saja. Melainkan Anda perlu melakukan berbagai update terbaru. Anda harus memperbanyak update hal terbaru terutama di toko online sampai yang paling banyak tentunya melalui media sosial Anda.

Menjadi pebisnis online memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Akan tetapi bila mempelajari setiap kesalahan, pasti dapat sukses dimasa depan. Itulah bahasan kita mengenai kesalahan waktu jual produk online. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *